Kamis, 09 Februari 2017

Keindahan Pesona Pesisir Pantai Siung di Gunung Kidul


Namanya serem juga nih. Siung, kalau dalam bahasa Indonesia berarti taring. Nggak tahu mengapa dinamakan siung. Yang jelas pantai ini menurut saya termasuk salah satu pantai yang paling menarik diantara beberapa pantai di Gunung Kidul yang pernah aku kunjungi.  Pantai Siung terletak di kecamatan Tepus kabupatan Gunung Kidul. Arahnya dari pantai Baron ke timur sekitar dua belas km atau searah dengan pantai Wediombo. Dari jalur utama itu masih perlu ke selatan sekitar 5 km. Tak perlu khawatir karena jalannya relatif cukup bagus, meskipun pun jalannya tidak lebar dan berkelok-kelok.

Pantai ini relatif ramai hanya kalau ada kegiatan panjat tebing yang biasa dilakukan oleh mahasiswa pecinta alam atau atlet yang sedang berlatih Ya, selain sebagai destinasi wisata yang bisa dinikmati keindahannya, pantai Siung ini juga biasa digunakan untuk berlatih panjat tebing. Ada lebih dari 200 jalur yang bisa digunakan untuk mendaki.  Pantai Siung mempunyai pasir yang berwarna putih dan ini relatif masih lumayan bersih. Dan juga Di pesisir pantai ini terdapat banyak batu-batu karang berukuran gede yang terdapat di sebelah barat pantai yang menambah keindahan panorama.

Untuk urusan makan minum tidak perlu khawatir lantaran di sana telah terdapat cukup banyak warung. Sayangnya belum tersedia hotel atau penginapan yang representatif. Hanya ada satu  penginapan dengan ukuran sangat kecil dan ini pun tanpa kasur. Kata si pemilik, penginapan itu banyak dipakai oleh pemanjat-pemanjat tebing, dan jarang sekali wisatawan yang menggunakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar