Selasa, 07 Februari 2017

Berwisata Merasakan Suasana Sunrise Di Bukit Sikunir Daerah Wonosobo Jawa Tengah

Pemandangan yang asri sepanjang kota Wonosobo – Dieng sungguh mengasyikkan, memaksa kami untuk sejumlah kali berhenti sekedar buat mengabadikan dalam kamera. Setelah menempuh perjalanan sekitar 27 km dalam 1  jam sampailah kami di Dieng.  Ternyata daerah Dieng sudah sungguh ramai, beda dengan terakhir kali saya ke sana sekitar tahun 1999. Yang jelas obyek wisatanya telah tidak dekat lebih tertata, papan petunjuk arah telah lebih lengkap dan yang pasti jumlah warung makan dan penginapan sudah tidak dekat lebih banyak. Sampai di Dieng sekitar pukul 17.00. Mulanya kami pengen mencari spot buat menikmati sunset di area sekitar Dieng. Karena kabut sudah turun alhasil kami memutuskan untuk langsung menuju ke kampung Sembungan yang dikenal sebagai kampung terdekat dengan bukit Sikunir sekaligus konon merupakan kampung tertinggi di pulau Jawa, tetapi

Sampai di gerbang desa Sikunir kami langsung ditawari homestay oleh salah seorang penduduk lokal sana yang juga adalah anggota Pokdarwis Sembungan. Setelah melihat 2  homestay yang ditawarkan alhasil kami memilih satu  homestay seharga tiga ratus lima puluh ribu buat 10 orang. Bentuknya berupa satu  kamar yang cukup luas. Fasilitas yang kami bisa kasur, kamar mandi dan bebas bikin minum dan mie sepuasnya :D Homestay tersebut kebetulan tidak jauh dengan warung makan sehingga kami tidak kesulitan sekali untuk mencari makan malam didaerah sana. Selesai makan malam sekitar jam21.35 kami langsung istirahat mengingat besok-nya sebelum shubuh kami harus berangkat ke Sikunir.

Tepat jam 04.30 mas Afton yang juga merupakan guide kami membangunkan untuk persiapan untuk menyaksikan sunrise di puncak Sikunir. Perjalanan dari homestay ke Sikunir sekitar 10 menit melalui jalanan berbatu yang sungguh gelap. Buat yang pakai motor mesti ekstra hati-hati melewati jalan tersebut. Sampai di area parkir Sikunir ternyata suasananya telah cukup ramai. Tertanya banyak juga yang penasaran dengan keindahan sikunir :).  Dari parkiran kami harus jalan kaki mendaki menuju puncak Sikunir sekitar tiga puluh menit. Demi tangga jalan setapak, kami bersusah payah mendaki tangga Wajib sejumlah kali berhenti buat istirahat dan mengambil nafas. Ternyata butuh kesiapan fisik yang memadai untuk mendaki Sikunir dalam suasana ekstra dingin. Dari 10 orang rombongan kami ada 1  orang yang tak kuat dan akhirnya memutuskan turun kembali ke parkiran kendaraan.

Perjuangan ekstra mendaki sampai ke puncak Sikunir terbayar dengan estetika landscapenya. Dari puncak Sikunir kita mampu menyaksikan 7  gunung yakni gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Lawu, Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran. Setelah menanti beberapa saat akhirnya yang ditunggu-tunggu mencuat juga, golden runrise!